PENANGKAL PETIR

Post by: Omega delta electric


penangkal petir (arreater) adalah proteksi bagi peralatan listrik terhadap tegangan lebih, yang disebabkan oleh petir atau surya hubung (swutching serge). Alat ini berfungsi untuk melakukan arus kilat ke sistem pertanahan sehingga tidak menimbulkan tegangan lebih yang merusak isolasi peralatan listrik. Penyaluran (by-passing) arus tersebut harus sedemikian rupa sehingga tidak menganggu aliran daya sistim frekuensi 50Hz.


Agar tidak menganggu aliran sistim, maka pada keadaan normal arrester berlaku sebagai konduktor yang tahanannya relatif rendah. Akibatnya arreater dapat melakukan arus yang tinggi ketanah dan setelah surya hilang, arrester dengan,cepat kembali menjadi isolasi.


Pada umumnya arrester dipasang pada setiap ujung saluran udara tegangan tinggi (SUTT) yang memasuki gardu induk karena fungsinya sebagai pelindung terhadap tegangan lebih yang disebabkan petir atau surya hubung. Kadang-kadang, untuk gardu induk-gardu induk besar pada trafo dipasang juga arrester untuk menjamin keadaan trafo dan peralatan lainnya dari tegangan lebih seperti diatas.

Comments

Popular posts from this blog

KOMPONEN-KOMPONEN UTAMA PLTD

MACAM-MACAM SAMBUNGAN KABEL LISTRIK

membalik arah putaran motor DC