KODE INTERNATIONAL PROTECTION

Post by: Omega delta electric




Peralatan listrik pada nameplate, tertera simbol yang berhubungan dengan tindakan pengamanan.





• Klas 1 memberikan keterangan bahwa badan alat harus dihubungkan dengan pentanahan
• klas 2 alat dirancang dengan isolasi ganda dan aman dari tegangan sentuh
• klas 3 peralatan listrik yang menggunakan tegangan rendah yang aman, seperti mainan anak.
Motor listrik bahkan dirancang oleh pabriknya dengan kemampuan tahan terhadap siraman air langsung.
Motor listrik jenis ini tepat digunakan di luar ruangan tanpa alat pelindung dan tetap bekerja normal dan tidak berpengaruh pada kinerjanya.
Nameplate motor dengan IP54, yang menyatakan proteksi atas masuknya debu  dan tanah masuknya air dari arsh vertikal maupun horisontal.
Ada motor listrik dengan proteksi ketehanan masuknya air dari arah vertikal saja. Sehingga dari arah samping tidak terlindungi. Tapi juga ada yang memiliki proteksi menyeluruh dari segala arah cairan.
Perbedaan rancangan ini harus diketshui oleh teknisi karena berpengaruh pada ketahanan dan umur motor listrik.
Kode IP (International Protection) peralatan listrik menunjukan proteksi yang diberikan oleh selungkup yang bersentuhan langsung kebagian yang berbahaya, dari masuknya benda asing padat dan masuknya air. Contih IP X1 artinya angka X menyatakan tidak persyaratan proteksi dari masuknya benda asing padat. Angka 1 menyatakan proteksi tetesan air vertikal. Contoh IP 5X, angka 5 proteksi masuknya debu. Angka X tidak ada proteksi masuknya air dengan efek merusak.











Tindakan pengamanan dalam pekerjaan sangat penting bagi setiap teknisi yang bekerja dangan tegangan kerja diatas 50v. Seorang teknisi harus memakai sarung tangan karet khusus dan helm dengan pelindung mata, melakukan perbaikan dalam bertegangan. Bahkan teknisi tersebut harus memiliki sertifikat kompetensi khusus, karena kesalahan sedikit saja bisa berakibat fatal bagi keselamatan jiwanya. Pekerjaan perbaikan instalasi listrik disarankan tegangan listrik harus dimatikan dan diberikan keterangan sedang melakukan perbaikan.

Comments

Popular posts from this blog

KOMPONEN-KOMPONEN UTAMA PLTD

MACAM-MACAM SAMBUNGAN KABEL LISTRIK

membalik arah putaran motor DC