BAGIAN UTAMA TRANSFORMATOR DAN PERALATAN BANTU TRANSFORMATOR

.Post by: Omega delta electric





BAGIAN UTAMA.

Inti besi digunakan untuk media jalanya flux yang timbul akibat induksi arus bolak balik pada kumparan yang mengelilingi inti besi sehingga dapat menginduksi kembali ke kumparan lain.
Kumparan trafo belitan yang terdiri dari batang tembaga berisolasi yang mengelilingi inti besi.
Minyak trafo (pendingin dari dalam) berfungsi untuk mengisolasi antara bagian yang bertegangan dengan bagian yang tidak bertegangan dan juga sebagai pendingin (kumparan dan inti besi direndam minyak trafo).
Bushing trafo berfungsi sebagai penyekat antara konduktor bushing dengan bodi/tangki trafo.
Tangki konservator berfungsi untuk menampung pemuaian minyak saat trafo mengalami kenaikan suhu saat trafo beroperasi.

PERALATAN BANTU

pendingin trafo kipas, sirip-sirip radiator (pendingin bagian luar).
Tap charger berfungsi sebagai perubah tap untuk menjaga kesetabilan tegangan sesuai yang dibutuhkan (tegangan sistem atau tegangan tinggi sering berubah-ubah padahal ditegangan rendahnya perlu tegangan yang sesuai).
Alat pernafasan alat yang berfungsi untuk menyaring pengaruh naik turun beban trafo maupun suhu diudara luar yaitu bila suhu minyak tinggi maka minyak keluar dari dalam tangki. Sebaliknya apabila suhu minyak turun minyak menyusut maka udara luar masuk kedalam tangki, kedua proses itulah yang disebut pernafasan trafo. Peralatanya terdiri dari : Tabung berisi minyak, tabung berisi kristal higros kopis/silikagel.

Comments

Popular posts from this blog

KOMPONEN-KOMPONEN UTAMA PLTD

MACAM-MACAM SAMBUNGAN KABEL LISTRIK

membalik arah putaran motor DC