SCR (Silicon Controlled Rechfier)

Post by: Omega delta electric






SCR disebut juga dioda 4 lapis, berfungsi sebagai pengontrol juga sebagai penyearah jika digunakan untuk mengontrol tegangan AC. SCR memiliki 3 kaki yang diberi kode Anoda, Katoda dan Gate. Kaki gate berfungsi sebagai arus yang akan mengalir dari Anoda ke Katoda dangan mengatur arus dapat mengatur daya.
Penggunaan yang nyata pada saat sekarang ini adalah untuk switching daya listrik yang besar yang dapat mengendalikan putaran motor listrik, pengaturan alat pemanas, lampu penerangan, relay, alarm dan sarana perlengkapan sarana otomatis yang menggunakan alat-alat yang sangat peka.






sifat-sifat SCR :
• dalam keadaan gate tidak diberikan picu (triggers) SCR tidak menghantarkan arus, hal ini sama seperti switch dalam keadaan terbuka/"OFF".
• apabila tegangan picu dibeikan di gate maka SCR "ON" yang dapat menghantarkan arus dari anoda ke katoda.
• saat SCR ON kemudian secara mendadak tegangan positif/gate diputuskan maka SCR tetap ON.
• hubungan antara gate dan katoda pada SCR bersifat seperti dioda silicon sehingga antara garis dan katoda berimpepansi rendah.
• jika SCR dalam keadaan ON maka untuk mengOFFkan tidak melalui gate tetapi dengan menunjukan arus anoda-katoda sampai batas nilai ih (holding curren)

Comments

Popular posts from this blog

KOMPONEN-KOMPONEN UTAMA PLTD

MACAM-MACAM SAMBUNGAN KABEL LISTRIK

membalik arah putaran motor DC