MESIN SINKRON (generator sinkron & motor sinkron)

Post by: Omega delta electric




Generator AC yang akan kita bahas adalah generator yang termasuk jenis mesin serempak (mesin sinkron) dimana frekuensi listrik yang dihasilkannya sebanding dengan jumlah kutub dan putaran yang dimilikinya. Listrik yang dihasilkan adalah listrik arus bolak balik (Listrik AC). Mesin pengerak (prime mover) nya dapat berasal dari tenaga air, tenaga uap, mesin diesel, dan sebagainya


Generator AC banyak kita jumpai pada pusat-pusat listrik (dengan kapasitas yang relatif besar). Misalnya, pada PLTA, PLTU, PLTD, PLTN, PLTG dan lain-lain. Di sini umumnyagenerator AC disebut dengan ALTERNATOR atau generator saja. Selain generator AC dengan kapasitas yang relatif besar tersebut, kita mengenal pula generator AC dengan kapasitas yang relatif kecil. Misalnya, generator yang dipakai untuk penerangan darurat, untuk penerangan darurat, untuk penerangandaerah-daerah terpencil (yang belum terjangkau listrik), dan sebagainya. Generator tersebut sering disebut "home light" atau "generator set".
dibandingkan dengan generator DC, generator AC lebih cocok untuk pembangkit tenaga listrik berkapasitas besar. Hal ini didasarkan atas pertimbangan-pertimbangan, antara lain:


- timbulnya masalah komutasi pada generator DC.
- timbulnya persoalan dalam hal menaikan/menurunkan tegangan pada listrik DC. Hal ini menimbulkan persoalan untuk hantaran dalam pengiriman tenaga listrik (transmisi/distribusi), masalah penampang kawat, tiang transmisi rugi-rugi dan sebagainya.
- listrik AC relatif lebih mudah untuk diubah menjadi listrik DC.
- masalah efisiensi mesin dan lain-lain pertimbangan




KONSTRUKSI


konstruksi generator AC lebih sederhana dibanding generator DC.
bagian-bagian terpenting dari generator AC adalah:


1. RANGKA STATOR


dibuat dari besi tuang. Rangka stator merupakan rumah dari bagian-bagian generator yang lain.


2. STATOR


bagian ini tersusun dari plat-plat (seperti yang dipergunakan juga pada jangkar dari mesin arus searah) stator yang mempunyai alur-alur sebagai tempat meletakan lilitan stator. Lilitan stator berfungsi sebagai tempat terjadinya GGL induksi.


3. ROTOR
Rotor merupakan bagian yang berputar. Pada rotor terdapat kutub-kutub magnet dengan lilitannya yang dialiri arus searah, melewati cincin geser dan sikat-sikat.


4. SLIP RING atau CINCIN GESER


Dibuat dari bahan kuningan atau tembaga yang dipasang pada poros dengan memakai bahan isolasi. Slup ring ini berputar bersama-sama dengan poros dan rotor. Jumlah slip ring ada dua buah yang masing-masing slip ring dapat menggeser sikat arang yang masing-masing merupakan sikat positip dan negatip, berguna untuk mengalirkan arus penguat magnet ke lilitan magnet pada rotor.


5. GENERATOR PENGUAT

Generator penguat adalah suatu generator arus searah yang dipakai sebagai sumber arus. Biasanya yang dipakai adalah dinamo shunt.
Generator arus searah ini biasanya dikopel terhadap mesin pemutarnya bersama generator utama. Akan tetapi sekarang banyak generator yang tidak menggunakan generator arus searah (dari luar) sebagai sumber penguat, sumber penguat diambil dari GGL sabagian kecil belitan motornya. GGL tersebut ditransformasikan kemudian disearahkan dengan penyearah elektronik sebelum masuk pada bagian penguat.

Generator-generator sinkron umumnya dibuat sedemikian rupa sehingga lilitan tempat terjadinya GGL tidak bergerak, sedangkan kutub-kutub akan menimbulkan medan magnet berputar. Generator semacam ini disebut generatorkutub dalam.
Keuntungan generator kutub dalam ialah bahwa untuk mengambil arus tidak dibutuhkan cincin geser dan sikat arang. Hal ini disebabkan lilitan-lilitan tempat terjadinya GGL itu tidak berputar. Generatorsinkron tersebut terutama sangat cocok untuk mesin-mesin dengan tegangan tinggi dan dengan arus yang benar.
Untuk mengalirkan aruspenguat ke lilitan penguat yang berputar tetap diperlukan  cincin geser dan sikat-sikat arang. Meskipun demikian bukan berarti bahwa hal tesebut memberatkankarena arus penguat magnet tidak begitubesar dan tegangannya pun rendah.
Selain generator sinkron ada juga generator asinkron (generator induksi), yang kontruksinyasama dengan motor-motor induksi. Generator tersebut tidak dibicarakan di sini, nanti akan kita bahas pada posting selanjutnya.



















Comments

Popular posts from this blog

KOMPONEN-KOMPONEN UTAMA PLTD

MACAM-MACAM SAMBUNGAN KABEL LISTRIK

membalik arah putaran motor DC